Rabu, 21 Maret 2018

Sel merupakan unit terkecil dari bagian tubuh makhluk hidup yang mampu melaksanakan suatu fungsi. sel juga akan lahir, tumbuh dan mati. Sel yang mati ditandai dengan hilangnya sitoplasma dan inti sel. Bentuk sel berbeda-beda ada kubus, kotak, bulat, lonjong, polyhedral dll. Ukuran sel berkisar dari beberapa mikron sampai puluhan sentimeter. Struktur sel dari sederhana kompleks. Yang dimaksud sel adalah susunan bagian dalam sel yaitu organel-organel serta komponan lain yang menyusun sel.
1. Sel mati dan Hidup  : sel yang telah mati biasanya ditandai dengan hilangnya inti sel dan sitoplasma dan yang hanya terlihat adlah dinding sel. sulit mengetahui inti sel dan sitoplasma yang telah mati karena inti sel dan sitoplasma tidak berwarna . adanya plastida, zat-zat warna macam kristal yang menyertai protoplasma yang akan menentukan membantu ada tidaknya sitoplasma.
2. Bentuk sel  : bentuk bervariasi/ beragam karena dinding sel merupakan bagian sel yang mudah di amati.
3. inti sel (nukleus) : susah untuk terlihat namun akan mudah dilihat setelah diwarnai seperti pengamatan pada Allium cepa (bawang merah) yang jika diamati dengan mkroskop cahaya lebih baik di beri zat Safaranin O di salah satu sisi gelas penutup, sehingga zat safranin disini menggantikan medium air. mengapa terlihat ? karena nukleus akan cepat bereaksi dengan zat warna, banyaknya zat warna yang diserap nukleus berbeda dibandingkan bagian sel yang lain.
4. Plastida : zat warna atau pemberi zat warna, pada tumbuhan dan berhubungan dengan sintesis dan penyimpanan makanan. pada sel muda, plastida berukuran kecil dan tidak berwarna, sedangkan pada sel dewasa, plastid menjadi besar.plastida mudah diamati tanpa diwarnai sebab plastisa berwarna menghasilkan pigmennya sendiri. kloroplas adlah plastid berwarna hijau karena sebgauan besar pigmennya berwarna hijau disebut Klorofil yang berguna untuk fotosintesis. zat warna disini bukan hanya kloroplas adapun seperti leukoplas (yang umumnya berubah menjadi pati disebut juga amiloplas) kromoplas ( pemberi plastid berwarna kuning, jingga, merah ) seringkali kloroplas dan kromoplas disebut sebagai kromatofora.
berikut gambar penampang bentuk dan struktur sel :
Allium cepa ( bawang merah )
bulatan kecil yang terlihat di tengah-tengah ditiap sel adalah nukleus dan yang berwarna ungu adalah pigmen warna
berikut dilihat dengan mikroskop cahaya dengan perbesaran 4/10 dan disayat setipis mungkin.  

Daun muda Hydrilla verticillata yaitu tumbuhan angiospermae
bulatan kecil yang berada disekitar dinding sel merupakan plastid berupa kloroplas.
menggunakan mikroskop cahaya dengan perbesaran 4/10

Manihot esculenta (singkong)
yang terlihat disini adlah sel-sel empulur.

Solanum tuberosum (kentang)
bulatan-bulatan tersebut adalah zat-zat pati pada kentang.

Daucus carota (wortel)
terlihat zat karoteid (zat oren) pada wortel.







 

sekian ilmu yang dapat kami share
jangan lupa follow ig kami @himapbio_ubt
dan facebook kami Himapbio Fkip Ubt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar